Home » » pengertian tropologi jaringan

pengertian tropologi jaringan


Metode Pengkabelan Pada Kabel UTP
Pada jaringan , tidak lepas juga dengan namanya kabel . Kabel juga berfungsi sebagai media pengiriman data, sama halnya dengan gelombang radio pada jaringan Wi-Fi. Dalam pemasangan kabel , tidak bisa sembarangan . karena sudah ada aturan dan ketentuannya. Berikut akan saya jelaskan cara pemasangan kabel yang benar.

Biasanya kabel yang sering digunakan dalam jaringan LAN adalah tipe kabel UTP. Perlengkapan lain yang digunakan yaitu RJ45 sebagai penghubung ke port LAN Card , Criping Tool sebagai pemotong kabel dan sekaligus penjepit ujung RJ45 biar lebih kuat menahan kabel UTP , dan Cabble Tester untuk mengetest apakah kabel sudah berfungsi dengan benar.
  1. Straight - Straight
    Yaitu tipe pengkabelan dengan memasang setiap ujung 1 dan ujung 2 urutan warnanya sama. Biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama seperti antar PC atau HUB.
    Berikut Urutan Kabel Straight :
Maka jika diasang pada RJ45

ilustrasi
  1. Straight - Crossover
    Yaitu tipe pengkabelan yang tiap ujung kabel , urutan warna kabel nya berbeda. Biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda seperti komputer dengan HUB.
    Berikut Urutan kabel Crossover :
Atau sebaliknya


Pengetesan kabel dilakukan dengan cabbletester , lihat kedipan cahaya pada cable tester , apakah sudah sesuai dengan urutan warna pada setiap tipe pengkabelan.

0 komentar:

Posting Komentar